cover
Contact Name
muhdar
Contact Email
jilkominfo.aikom@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jilkominfo.aikom@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota ternate,
Maluku utara
INDONESIA
Jurnal Ilmiah ILKOMINFO - Ilmu Komputer & Informatika
ISSN : 26214962     EISSN : 26214970     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Ilmiah ILKOMINFO - Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer dan Informatika merupakan wadah untuk para guru, akademisi dan praktisi dalam menyebarluaskan artikel ilmiah pada bidang ilmu komputer dan informatika agar bermanfaat bagi masyarakat. Artikel ilmiah ini diterbitkan 2 kali dalam setahun pada bulan Januari dan Juli.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 2 (2023): Juli" : 10 Documents clear
Perancangan Infrastruktur Jaringan Komputer berbasis Cisco Packet Tracer dengan penerapan Metode NDLC Pada Lembaga Pendidikan (Studi Kasus SMK Pelayaran Malahayati) Desi Sumarni; Giri Purnama
Jurnal Ilmiah ILKOMINFO - Ilmu Komputer & Informatika Vol 6, No 2 (2023): Juli
Publisher : Akademi Ilmu Komputer Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47324/ilkominfo.v6i2.200

Abstract

Abstrak: SMK Pelayaran Malahayati Jakarta merupakan sekolah yang memfokuskan pada pendidikan kejuruan dimana perlu menyiapkan fasilitas teknologi yang memadai agar siswa terampil dan siap menghadapi dunia kerja. Terdapat instalasi jaringan pada SMK Pelayaran Malahayati, namun ditemukan permasalahan jaringan yaitu mengoperasikan IP Address dalam satu network ID pada seluruh client memiliki broadcast domain yang sama sehingga dapat memperlambat kinerja jaringan pada setiap perangkat dan benturan IP pada setiap jaringan. Hal itu disebabkan oleh sedikitnya sumber daya manusia yang berkompeten di bidang tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut maka perlu adanya perancangan infrastruktur jaringan komputer dengan menerapkan VLAN (Virtual Local Area Network) yang dapat memungkinkan sebuah Local Area Network (LAN) dapat dibagi menjadi beberapa segmen yang berbeda , yang tujuanya adalah agar meningkatkan performa jaringan yang lebih baik. Metode perancangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode perancangan Network Development Life Cycle (NDLC). Perancangan menggunakan topologi star dengan bantuan aplikasi simulasi Cisco packet tracer. Agar optimal dalam penggunaan IP Address, peneliti juga melakukan perhitungan IP Address dengan menggunakan metode VLSM. Hasil dari penelitian ini, jaringan data dapat di segmentasi secara Logical dengan mendesain ulang infrastruktur jaringan komputer menggunakan metode NDLC dan diuji menggunakan simulasi Cisco packet tracer.Kata kunci: Jaringan komputer, VLAN, NDLC,Cisco Packet Tracer Abstract: SMK Pelayaran Malahayati Jakarta is a school that focuses on vocational education where it is necessary to prepare adequate technological facilities so that students are skilled and ready to face the world of work. There was a network installation at SMK Pelayaran Malahayati, but a network problem was found, namely operating an IP Address in one network ID on all clients having the same broadcast domain so that it could slow down network performance on each device and IP collisions on each network. This is due to the lack of competent human resources in the field. To overcome these problems, it is necessary to design a computer network infrastructure by implementing VLANs (Virtual Local Area Networks) that can allow a Local Area Network (LAN) to be divided into several different segments, the purpose of which is to improve network performance.   The design method used in this study is the Network Development Life Cycle (NDLC) design method. Design using a star topology with the help of the Cisco packet tracer simulation application. to in order to be optimal in the use of  IP Address, researchers also calculate IP Address using the VLSM method. As a result of this study,  the data can be logically segmented by redesigning the computer network infrastructure using the NDLC method and testing it using  Cisco packet tracer simulations.Keywords: Computer network, VLAN, NDLC,Cisco Packet Tracer 
Analisis Sentimen Terhadap Pemutar Musik Online Spotify Dengan Algoritma Naive Bayes dan Support Vector Machine Ginabila Ginabila; Ahmad Fauzi
Jurnal Ilmiah ILKOMINFO - Ilmu Komputer & Informatika Vol 6, No 2 (2023): Juli
Publisher : Akademi Ilmu Komputer Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47324/ilkominfo.v6i2.180

Abstract

Abstrak: Manusia memiliki kebutuhan preferensi musik yang yang sangat beragam, oleh karena itu pemutar musik online menjadi salah satu solusi untuk memenuhi kebutuhan ini dengan menyediakan katalog musik yang luas. Analisis sentimen adalah proses untuk mengevaluasi dan mengklasifikasikan sentimen atau perasaan di balik teks atau data yang diberikan. Dalam konteks ini, analisis sentimen dilakukan pada pemutar musik online Spotify. Dua algoritma yang umum digunakan untuk analisis sentimen adalah Naive Bayes dan Support Vector Machine (SVM). Kedua algoritma ini dapat diterapkan dalam analisis sentimen pada pemutar musik online. Data teks seperti ulasan atau komentar pengguna dikumpulkan dan dilabeli dengan sentimen yang sesuai. Hasil dari penelitian menggunakan kedua algoritma ini menghasilkan nilai akurasi yang hampir sama baiknya. Algoritma Support Vector Machine menghasilkan tingkat akurasi sebesar 82,42%, sedangkan untuk Algoritma Naive Bayes mencapai 84,73%.Kata kunci: Analisis Sentimen, Naive Bayes, Support Vector MachineAbstract: Humans have diverse music preferences and online music players are a solution to meet these needs by providing a wide music catalog. Sentiment analysis is the process of evaluating and classifying sentiments or feelings behind given texts or data. In this context, sentiment analysis is performed on Spotify online music players. Two common algorithms used for sentiment analysis are Naive Bayes and Support Vector Machine (SVM). Both algorithms can be applied in sentiment analysis for online music players. Text data such as user reviews or comments are collected and labeled with corresponding sentiments. The results of the research using both algorithms yielded similar high accuracy. The Support Vector Machine algorithm achieved an accuracy rate of 82.42%, while the Naive Bayes algorithm reached 84.73%.Keywords: Sentiment Analysis, Naive Bayes, Support Vector Machine
Aplikasi Penggalangan Dana dengan Menggunakan Metode Location Based Service (LBS) Berbasis Progressive Web App (Studi Kasus : Kota Pontianak) Gusti Afdillah Ramadhani; Yus Sholva; Morteza Muthahhari; Fauzan Asrin
Jurnal Ilmiah ILKOMINFO - Ilmu Komputer & Informatika Vol 6, No 2 (2023): Juli
Publisher : Akademi Ilmu Komputer Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47324/ilkominfo.v6i2.203

Abstract

Abstrak: Indonesia kembali dikukuhkan sebagai negara paling dermawan di dunia versi World Giving Index 2021. Laporan World Giving Index (WGI) yang dirilis Senin (14/6/2021) oleh CAF (Charities Aid Foundation) menempatkan Indonesia di peringkat pertama dengan skor dari 69%. Melihat cukup tingginya tingkat filantropi masyarakat di Indonesia, maka sudah wajar masyarakat Indonesia membutuhkan tempat atau wadah sebagai penampungan dan penyaluran bantuan yang aman dan amanah. Maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah memberikan alternative metode penggalangan dana dengan sistem penggalangan dana yang aman dan amanah di Kota Pontianak.  Aplikasi dibangun dengan menggunakan metode Location Based Service (LBS) dan berbasis Progressive Web App (PWA). LBS digunakan untuk menampilkan titik penggalangan dana. Sedangkan penggunaan PWA, bertujuan untuk memberikan pengalaman baru dalam mengakses aplikasi karena PWA bersifat fleksibel, sehingga aplikasi ini dapat diakses melalui website, maupun dalam bentuk seperti mobile app di semua perangkat baik itu smartphone atau personal computer. Perancangan sistem dibangun dengan menggunakan Unified Modelling Language (UML), untuk pengujian aplikasi dilakukan dengan dua cara, yaitu pengujian dengan metode Black Box dan Skala Likert. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini yaitu, aplikasi dapat menampilkan titik lokasi program donasi dan persebarannya di halaman pengguna atau donatur dan di halaman admin, serta menampilkan semua detail informasi terkait penggalangan dana yang sudah divalidasi maupun yang belum divalidasi oleh admin aplikasi. Hal ini juga menunjukan bahwa peran LBS pada aplikasi berjalan dengan baik.Kata kunci: Penggalangan Dana, Donasi, Location Based Service, Progressive Web AppAbstract: Indonesia is again confirmed as the most generous country in the world according to the 2021 World Giving Index. The World Giving Index (WGI) report released Monday (6/14/2021) by CAF (Charities Aid Foundation) placed Indonesia in first place with a score of 69%. Seeing the high level of philanthropy of the people in Indonesia, it is natural for the Indonesian people to need a place or container as a shelter and distribution of safe and trustworthy assistance. Therefore, the purpose of this research is to provide an alternative fundraising method with a safe and trustworthy fundraising system in Pontianak City. The application is based on a Progressive Web App and was created utilizing the Location-Based Service (LBS) technique (PWA). LBS is used to display fundraising points, and PWA aims to provide a new experience in accessing the application due to its flexibility.Therefore, this application can be accessed through the website or in the form of a mobile app on all devices, whether through a smartphone or a personal computer. The application system is built using Unified Modeling Language (UML). The application testing is done in two ways, namely, with the black box method and the Likert scale. The result of Black Box testing is that the system can work with LBS and PWA as expected. The results obtained from this research are that the application can display the location point of the donation program and its distribution on the user or donor page and on the admin page, as well as display all detailed information related to fundraising that has been validated or not validated by the application admin. This also shows that the role of LBS in the application runs well.Keywords: Fundarising, Donation, Location-Based Service, Progressive Wep App
Desain Aplikasi Computer Based Test (CBT) Untuk Ujian Masuk Mahasiswa Baru Pada Kampus Aikom Ternate Mudar Safi; Sitna Hajar Hadad; Iswan A. Thais
Jurnal Ilmiah ILKOMINFO - Ilmu Komputer & Informatika Vol 6, No 2 (2023): Juli
Publisher : Akademi Ilmu Komputer Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47324/ilkominfo.v6i2.204

Abstract

Abstrak: Ujian merupakan salah satu cara untuk mengevaluasi proses belajar dalam dunia pendidikan ujian dimaksudkan untuk mengukur taraf pencapaian suatu tujuan pengajaran kepda calon mahasiswa baru sebagai peserta yang akan mengikuti seleksi ujian masuk pada salah satu kampus, sehingga mahasiswa tersebut dapat mengetahui tingkat kemampuannya dalam memahami bidang studi yang sedang ditempuh. Bila ternyata hasilnya belum maksimal, maka proses belajar harus ditingkatkan baik kualitas maupun kuantitas.Keywords: CodeIgniter, PHPMyAdmin, WebsiteAbstract: Exams are one way to evaluate the learning process in the world of exam education, meaning to measure the level of charm of a teaching objective to prospective new students as participants who will take part in the selection of entrance exams on one of the campuses, so that these students can find out their level of ability in understanding the field of study they are interested in. is being taken. If the results are not optimal, then the learning process must be improved both in quality and quantity.Keywords: CodeIgniter, PHPMyAdmin, Website
Sistem Informasi Marketplace Penyewaan Lapangan Futsal di Kota Singkawang Berbasis Website ammar alvi hidayatullah; Novi Safriadi; Enda Esyudha Pratama; Fauzan Asrin
Jurnal Ilmiah ILKOMINFO - Ilmu Komputer & Informatika Vol 6, No 2 (2023): Juli
Publisher : Akademi Ilmu Komputer Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47324/ilkominfo.v6i2.207

Abstract

Abstrak: Pada Kota Singkawang proses penyewaan lapangan futsal masih menggunakan sistem konvensional. Untuk mengetahui jadwal lapangan penyewa lapangan futsal harus menanyakan ketersediaan jadwal lapangan futsal dengan cara datang langsung ke lokasi tempat futsal yang lapangannya ingin dipesan atau dengan cara menghubungi pengelola lapangan futsal melalui telepon. Permasalahan juga dialami oleh pengelola lapangan futsal dalam melakukan pendataan. Informasi yang disediakan oleh pengelola lapangan futsal juga masih manual, sehingga informasi yang didapatkan oleh penyewa tidak akurat. tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana sistem informasi marketplace penyewaan lapangan futsal di kota Singkawang berbasis web dapat membantu penyewa lapangan dalam mendapatkan informasi dan mempermudah dalam melakukan penyewaan dan membantu pengelola lapangan dalam melakukan pendataan dan mempromosikan lapangan futsal yang dikelolanya. Untuk proses pengembangan aplikasi menggunakan metode pengembangan perangkat lunak yaitu metode waterfall. pengujian aplikasi dilakukan dengan dua cara, yaitu pengujian dengan metode Black Box dan UAT. Hasil dari pengujian Black Box adalah sistem dapat bekerja dengan sesuai yang diharapkan. Hasil UAT dari setiap pengguna aplikasi dapat disimpulkan sebuah rata-rata tingkat kepuasan terhadap aplikasi adalah 95,4%.Kata kunci: marketplace, futsal, penyewaan, pembayaranAbstract: In Singkawang City, the futsal field rental process still uses a conventional system. To find out the field schedule, futsal field tenants must ask the availability of the futsal field schedule by coming directly to the location of the futsal place whose field they want to book or by contacting the futsal field manager by telephone. Problems are also experienced by futsal field managers in collecting data. The information provided by the futsal field manager is also still manual, so the information obtained by the tenant is not accurate. the purpose of this study is how the web-based futsal field rental marketplace information system in Singkawang city can help field tenants in getting information and making it easier to rent and help field managers in collecting data and promoting the futsal field they manage. For the application development process using the software development method, namely the waterfall method. application testing is done in two ways, namely testing with the Black Box and UAT methods. The result of Black Box testing is that the system can work as expected. UAT results from each application user can be concluded an average level of satisfaction with the application is 95.4%.Keywords: marketplace, futsal, rental, payment
Pengujian Fungsionalitas Sistem Inventaris Barang Pada Sekolah Menengah Kejuruan Citra Borneo Menggunakan Black Box Testing Fauzan Asrin
Jurnal Ilmiah ILKOMINFO - Ilmu Komputer & Informatika Vol 6, No 2 (2023): Juli
Publisher : Akademi Ilmu Komputer Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47324/ilkominfo.v6i2.202

Abstract

Abstrak: Ada banyak teknik dalam pengujian menggunakan black box testing pada sebuah aplikasi maupun sistem informasi. Antara lain Equivalen Partitions Testing, Boundary Value Analysis Testing, Comparation Testing, Sample Testing, Robustness Testing dan lainnya. Penelitian ini memilih menggunakan teknik Teknik Equivalence Partitions yang hanya untuk menguji apakah ada kesalahan pada fungsi sistem, Interface, struktur data atau akses data, performasi, inisialisasi. Objek pengujian pada penelitian ini adalah Sistem Inventaris Barang Pada Sekolah Menengah Kejuruan Citra Borneo. Sistem informasi ini diimplementasikan kedalam Bahasa pemrograman PHP (Hypertext Preprocessor), dimana Bahasa pemrograman ini digunakan untuk sistem informasi yang sifatnya dinamis. Pengujian ini dilakukan bertujuan agar hasil akhir sistem yang diimplementasikansesuai dengan yang dibutuhkan. Pengujian terdiri dari dua belas menu yang di kelompokkan menjadi tiga menu besar yaitu menu login, menu barang dan menu laporan dimana masing-masing menu tersebut dipastikan berfungsi sesuai dengan yang dibutuhkan. Dari Hasil pengujian validitas menggunakan Black Box seluruh menu yang diujikan dapat berfungsi sesuai dengan yang diharapkan tidak ditemukan kesalahan pada fungsi-fungsi menu yang sudah di rancang.Kata kunci: Pengujian, Sistem Inventaris Barang, Black Box TestingAbstract: There are many techniques in testing using black box testing on an application or information system. These include Equivalent Partitions Testing, Boundary Value Analysis Testing, Comparison Testing, Sample Testing, Robustness Testing, and others. This study chose to use the Equivalence Partitions technique which is only to test whether there are errors in system functions, interfaces, data structures, data access, performance, and initialization. The object of testing in this study is the Goods Inventory System at Citra Borneo Vocational High School. This information system is implemented in the PHP (Hypertext Preprocessor) programming language, where this programming language is used for dynamic information systems. This test is carried out with the aim that the final results of the implemented system are following what is needed. The test consists of twelve menus which are grouped into three major menus, namely the login menu, items menu, and report menu where each of these menus is ensured to function as needed. From the results of validity testing using the Black Box, all menus tested can function as expected, and no errors were found in the menu functions that have been designed.Keywords: Testing, Goods Inventory System, Black Box Testing
Model Prediksi Keketatan Lolos SNMPTN Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbor Ikriya Hanum; Yus Sholva; Helen Sastypratiwi; Fauzan Asrin
Jurnal Ilmiah ILKOMINFO - Ilmu Komputer & Informatika Vol 6, No 2 (2023): Juli
Publisher : Akademi Ilmu Komputer Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47324/ilkominfo.v6i2.205

Abstract

Abstrak: Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) adalah pola penerimaan melalui penelusuran kemampuan dan prestasi akademik sebagai sistem seleksi nasional. Siswa dapat membandingkan prestasi dengan peserta pada tahun-tahun sebelumnya yang telah lolos SNMPTN menggunakan data rapor yang digunakan pada SNMPTN dan data keketatan jurusan perguruan tinggi yang terdapat pada website LTMPT. Proses ini dapat dibantu dengan menggunakan algoritma data mining, yaitu K-Nearest Neighbor (K-NN) untuk prediksi. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk memprediksi keketatan jurusan pada SNMPTN serta menganalisis performa dari algoritma yang digunakan dalam proses prediksi. Pada penelitian ini, algoritma K-Nearest Neighbor akan diujikan untuk melihat parameter terbaik pada algoritma dengan perhitungan nilai root mean square error (RMSE) pada parameter yang diujikan. Hasil evaluasi menggunakan Leave One Out cross-validation menunjukkan bahwa algoritma K-Nearest Neighbor yang memberikan hasil performa untuk prediksi paling baik dengan nilai k (jumlah data terdekat) =11 pada jurusan IPA dan nilai k (jumlah data terdekat) =13 pada jurusan IPS. Setelah didapatkan performa terbaik pada algoritma K-Nearest Neighbor, maka model algoritma tersebut digunakan untuk memprediksi keketatan jurusan pada SNMPTN melalui aplikasi yang dibangun pada penelitian.Kata kunci: prediksi, k-nearest neighbor, SNMPTN, data rapor, keketatan jurusan Abstract: SNMPTN is a national standardized university admission process that uses academic achievement and performance as requirements. Students can compare their achievements with those of participants in previous years who have passed using report cards and the acceptance rate information from the LTMPT website. This process can be helped with the predictive data mining algorithm K-Nearest Neighbor (K-NN). The purpose of this study is to predict the acceptance rate for SNMPTN college majors and analyze the performance of the algorithms used in the prediction process. In this study, the K-Nearest Neighbor algorithm will be tested to determine the best parameters in the algorithm by calculating the root mean square error (RMSE) value for the parameters tested. The results of the evaluation using the Leave One Out cross-validation show that the K-Nearest Neighbor algorithm gives the best performance results for the best predictions with a value of k (number of closest data) =11 in the Sciences department and a value of k (closest amount of data) =13 in the Social Sciences department. After obtaining the best performance model on the K-Nearest Neighbor algorithm, it is used to predict the acceptance rate for SNMPTN college majors through an application built on research.Keywords: prediction, k-nearest neighbor, SNMPTN, report cards, acceptance rate
Perancangan Sistem Informasi Penjualan Alat Kesehatan Berbasis Web Pada PT. Anugrah Tiga Berlian Jakarta Achmad Munawar; Erick Harlest Budi R; Ginta Meirlana
Jurnal Ilmiah ILKOMINFO - Ilmu Komputer & Informatika Vol 6, No 2 (2023): Juli
Publisher : Akademi Ilmu Komputer Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47324/ilkominfo.v6i2.201

Abstract

Abstrak: Sejak adanya virus covid-19 ini berbagai alat kesehatan, masker dan obat-obatan sangat dibutuhkan di berbagai kalangan masyarakat, PT. Anugrah Tiga Berlian ini mempunyai banyak cabang, yang menjual berbagai alat kesehatan, oksigen, masker, dan obat-obatan tersedia semua disana. Dalam partai besar maupun kecil siap melayani hingga pengiriman ke luar Jawa. Tapi masih belum banyak konsumen yang mengenal alat kesehatan tersebut. Peneliti dengan menggunakan metode penelitian seperti observasi serta wawancara secara langsung kepada karyawan dan konsumen yang telah datang langsung ke cabang, dan juga menggunakan studi pustaka dari berbagai buku literasi, maupun jurnal ataupun artikel terkait yang ada di internet. Dari berbagai hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penjualan masih berjalan secara offline yang sudah tentu saja kalah bersaing dengan sistem penjualan yang sudah berbasis online atau e-commerce yang lain, sehingga untuk penjualan secara offline ini perlu diperbaiki menjadi tidak hanya offline tetapi juga secara online agar mampu bersaing dengan yang lain. Lebih kreatif lagi dalam pembuatan iklan secara online agar menarik konsumen untuk melihat produk-produk yang ada. Dengan merancang Sistem Informasi Berbasis Website menggunakan UML, Web Based, dan pemrograman PHP agar menghasilkan sistem informasi yang cepat, tepat, dan akurat. Sehingga dapat mempermudah proses penjualan, pemesanan dan pengolahan data pada perusahaan, maka pemesanan dan penjualan lebih inovatif dan dapat menginformasikan secara detail produk-produk yang ada pada cabang PT. Anugrah Tiga Berlian.Kata kunci: Alat Kesehatan, E-Commerce, sistem PenjualanAbstract: Since the emergence of the Covid-19 virus, various medical devices, masks, and medicines are urgently needed in various circles of society, PT. Anugrah Tiga Berlian has many branches selling various medical devices, oxygen, masks, and medicines, all of which are available there. In large and small parties ready to serve up to shipments outside Java. However, not many consumers are familiar with these medical devices. Researchers use research methods such as observation and direct interviews with employees and consumers who have come directly to the branch; and also use literature studies from various literacy books, as well as related journals or articles on the internet. From the various results of this study, it can be concluded that sales are still running offline which of course cannot compete with sales systems that are already online or e-commerce-based, so offline sales needs to be improved not only offline but also online so that able to compete with others. Even more creative in making online advertisements to attract consumers to see existing products. By designing a Website-Based Information System using UML, Web-Based, and PHP programming to produce a fast, precise, and accurate information system. So that it can simplify the process of selling, ordering, and data processing at the company, then ordering and selling is more innovative and can inform in detail the products that exist in PT. Anugrah Tiga Berlian.Keywords: Medical Devices, E-Commerce, Sales System
Aplikasi Berbasis Web untuk Manajemen Ruangan, Presensi, dan Notulensi Rapat Pada Bappeda Kota Pontianak Choirul Arif Maulana; Yus Sholva Riza; Fauzan Asrin
Jurnal Ilmiah ILKOMINFO - Ilmu Komputer & Informatika Vol 6, No 2 (2023): Juli
Publisher : Akademi Ilmu Komputer Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47324/ilkominfo.v6i2.206

Abstract

Abstrak: Manajemen rapat pada Bappeda Kota Pontianak seperti daftar hadir dan notulensi rapat masih dicatat menggunakan kertas kemudian disimpan dalam sebuah penyimpanan. Selain itu, informasi jadwal ruangan juga tercatat menggunakan buku pencatatan. Oleh karena itu dibuatlah aplikasi manajemen ruangan presensi dan notulensi rapat yang dapat mengatasi permasalahan yang ada. Aplikasi dibangun berbasis website, dimana basis data dan logika pemrosesan data terletak pada server sehingga perubahan suatu data dapat langsung tersinkron ke seluruh pegawai dengan mengakses aplikasi menggunakan device yang memiliki akses internet dan menggunakan web browser. Perancangan aplikasi menggunakan Unified Modelling Language meliputi use case, activity, sequence dan class diagram. Aplikasi dibangun menggunakan teknik berorientasi objek menggunakan Framework Laravel pada sisi back-end dan Framework Next.js pada sisi front-end. Hasil pengujian menggunakan metode black box untuk menguji fungsionalitas sistem menggunakan aplikasi Katalon Studio dan User Acceptance Test (UAT) untuk menguji kelayakan aplikasi mendapatkan hasil 93% untuk operator bidang, 91,43% untuk operator ruangan, 90,90% untuk pegawai dan 90% untuk notulen. Hal ini menunjukkan bahwa Aplikasi yang telah dibangun sesuai dengan yang diperlukan.Kata kunci: Manajemen Rapat, Presensi, Notulensi, Bappeda Kota Pontianak, WebsiteAbstract: Meeting management at Bappeda Pontianak City such as attendance lists and meeting minutes are still recorded using paper and then stored in a storage. In addition, room schedule information is also recorded using a recording book. Therefore, a meeting attendance and minutes room management application was created that can overcome the existing problems. The application is built based on a website, where the database and data processing logic are located on the server so that changes to data can be directly synchronized to all employees by accessing the application using a device that has internet access and uses a web browser. Application design using Unified Modeling Language includes use case, activity, sequence, and class diagrams. The application is built using object-oriented techniques using the Laravel Framework on the back-end side and the Next.js Framework on the front-end side. The results of testing using the black box method to test the functionality of the system using the Katalon Studio application and User Acceptance Test (UAT) to test the feasibility of the application obtained 93% for field operators, 91.43% for room operators, 90.90% for employees and 90% for minutes. This shows that the application that has been built is as needed.Keywords: Meeting Management, Attendance, Minutes, Bappeda of Pontianak City, Website.
Rancang Bangun Sistem Otomatis Pemberian Pakan Pada Budidaya Ikan Dalam Ember (Budikdamber) Berbasis Arduino Uno Atemega 328 Faris Nidaul Haq; Nurfiana S.Kom
Jurnal Ilmiah ILKOMINFO - Ilmu Komputer & Informatika Vol 6, No 2 (2023): Juli
Publisher : Akademi Ilmu Komputer Ternate

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47324/ilkominfo.v6i2.178

Abstract

Abstract: Faktor penting dalam pemeliharaan ikan adalah ketepatan waktu pemberian pakan. Beberapa orang dengan mobilitas tinggi khawatir dalam  pemberian pakan yang harus dilakukan tiap hari ( Sili & Suprianto). Pemberian pakan secara manual terbilang cukup efektif namun hal tersebut seringkali menjadi masalah ketika pemilik harus melakukan pekerjaan lain disaat yang bersamaan (Baihaqi, 2020). Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem ketepatan pemberian  pakan ikan secara otomatis berdasarkan porsi dan jadwal yang tepat pada Budidaya Ikan Dalam Ember (BUDIKDAMBER) menggunakan Arduino UNO Atemega 328 sebagai kontrol sistem, RTC DS3231 sebagai kontrol waktu dan Relay sebagai saklar otomatis yang dapat mengaktifkan Motor DC yang digunakan sebagai pengatur porsi pakan. Langkah-langkah penelitian seperti studi literatur, perumusan masalah, analisis dan perancangan sistem  dilakukan dalam merancang dan membangun alat Pemberian pakan Otomatis menggunakan Mikrokontroler Arduino. Hasil dari penelitian ini menunjukan RTC berjalan dengan baik sebagai kontrol waktu sehingga relay yang terhubung dengan Motor DC dapat mendorong pakan keluar sesuai dengan porsi yang telah ditentukan. Kata kunci: Budikdamber, Sistem Otomatis, Arduino, RTCAbstract: An important factor in fish maintenance is the timeliness of feeding. Some people with high mobility are worried about feeding which has to be done every day (Sili & Suprianto). Manual feeding is quite effective, but this is often a problem when the owner has to do other work at the same time (Baihaqi, 2020). This study aims to build a precise system for feeding fish automatically based on the correct portion and schedule in Bucket Fish Cultivation (BUDIKDAMBER) using Arduino UNO Atemega 328 as system control, RTC DS3231 as time control and Relay as an automatic switch that can activate a DC Motor which is used as a regulator of feed portions. Research steps such as literature studies, problem formulation, system analysis and design are carried out in designing and building an Automatic Feeding tool using an Arduino Microcontroller. The results of this study show that the RTC works well as a time control so that the relay connected to the DC motor can push the feed out according to a predetermined portion.Keywords: Budikdamber, Automatic System, Arduino, RTC

Page 1 of 1 | Total Record : 10